Pendahuluan
a.
Profil
perguruan tinggi
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
(STMIK)
AMIKOM Yogyakarta
- Tempat Kuliah
Orang Berdasi - Unggul dalam Trend Teknologi Informasi.
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA mendapat 6 Penghargaan Internasional di bidang
Penelitian, Teknologi Informatika dan Informatika dan Komunikasi, serta
Kewirausahaan, antar lain dua Penghargaan Asia Pasific ICT Awards ( APICTA),
satu penghargaan dari URBANIMATION Internasional Festival, serta satu
Penghargaan dari ASEAN Development CITRA Award, dan memperoleh bebrapa
Penghargaan Nasional dari Lembaga Nasional diantaranya Sumitomo Award, Indosat Wireless
Inovation Contest , Federasi Teknologi Informasi Indonesia, Indonesian Telematics
Software Association, 100 Inovasi Indonesia 2008 Ristek, Penelitian Unggulan Terpadu
Depkominfo.
b.
Visi, Misi dan Tujuan Perguruan
Tinggi
-
VISI
Menjadi perguruan tinggi yang terbaik di Asia
Tenggara
-
Misi
Menghasilkan lulusan yang berkualitas global,
produktif, berjiwa entrepreneur, profesional dalam disiplin ilmu pengetahuan
dan teknologi, khususnya ilmu pengetahuan yang berbasis komputer dan
informatika. Dan menghasilkan riset berkualitas global serta dipercaya
masyarakat global.
-
Tujuan
1. Membentuk tenaga ahli siap pakai yang menguasai
teknologi informasi, berakhlak mulia, mampu bersikap dan berkerja secara
profesional, berguna bagi masyarakat, bangsa, negara, serta agama.
2.
Meningkatkan
kualitas pendidikan masyarakat, mencetak tenaga trampil yang siap menerapkan
kemampuan dalam penguasaan teknologi ntuk mendukung pembangunan nasional.
Agar Visi, Misi, Sasaran dan
Tujuan tersebut dapat dijalankan secara konsisten dalam operasionalnya, maka
Visi, Misi Sasaran dan Tujuan tersebut perlu disosialisasikan keseluruh Civitas
Akademika STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, sehingga diharapkan dalam pelaksanaanya
terdapat kesatuan pendapatan yang dapat memudahkan pencapaian tujuan yang telah
ditetapkan.
a.
Penerapan Grand
Strategi
Strategi utama yang diterapkan oleh STMIK AMIKOM
Yogyakarta tidak lepas dari analisis SWOT yang merupakan perwujudan dari visi,misi
dan tujuan perguruan tinggi sendiri, sehingga
nama STMIK AMIKOMpun diperhitungkan dalam pengembangan pendidikan dan
teknologi dimana semakin meningkat dari tahun ketahun.
Adapun
rencana umum berupa tindakan - tindakan besar yang digunakan oleh stmik
amikom yogyakarta untuk meraih sasaran jangka panjang diantaranya:
-
Kompetive
advantage( keunggulan kompetitf)
Posisi STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai
perguruan tinggi swasta dalam bidang teknologi dan informasi dibandingkan
dengan perguruan tinggi swasta lainnya
yang ada di Yogyakarta berada diposisi
yang kompetitif yang kuat dan mempunyai karakteristik sebagai faktor internal
yang dapat mempengaruhi timbulnya pesaing- pesaing baru kedepannya.
-
Growth market
(pertumbuhan pasar)
STMIK AMIKOM Yogyakarta masih sangat unggul ditingkat
perguruan tinggi dan kepercayaan masyarakat dalam pengembangan dari produk baru
atau produk lama yang mengalami perubahan masih cukup kuat secara internal dan
secara eksternal dengan memperoleh tambahan devisi atau diversifikasi yang artinya mengakuisisi bisnis yang terkait
dengan produk pada yang sedang berjalan.
b.
Grand Strategi
1.
SDM yang berjiwa
Intreprenur dan berkualitas global
2.
Menghasilkan Riset
berkualitas global
3.
Meningkatkan
Produktifitas dan daya saing dalam bidang teknologi,multimedia dan riset
4.
Memperluas
akses secara global
c.
Sasaran Startegi
-
Siswa SMK/SMA
baik yang berasal dari sekolah swasta atau negeri akan dididik menjadi SDM yang
berjiwa Interprenur yang berkualitas secara global.
-
Menciptakan /
menghasilkan serta mempromosikan penelitian atau riset yang berkualitas global
baik dalam bidang TI,SI maupun D3
-
Meningkatkan
Produktifitas dan daya saing dalam bidang Multimedia dan penelitian.
-
Memperluas
akses baik internal maupun eksternal dalam bidang teknologi, multimedia,
intreprenur serta penelitian guna mendapatkan kepercayaan dari masyarakat
mengenai kualitas SDM STMIK AMIKOM Yogyakarta