Minggu, 17 Juni 2012

grand strategi amikom


Pendahuluan
a.       Profil perguruan tinggi
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta - Tempat Kuliah Orang Berdasi - Unggul dalam Trend Teknologi Informasi.
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA mendapat 6 Penghargaan Internasional di bidang Penelitian, Teknologi Informatika dan Informatika dan Komunikasi, serta Kewirausahaan, antar lain dua Penghargaan Asia Pasific ICT Awards ( APICTA), satu penghargaan dari URBANIMATION Internasional Festival, serta satu Penghargaan dari ASEAN Development CITRA Award, dan memperoleh bebrapa Penghargaan Nasional dari Lembaga Nasional diantaranya Sumitomo Award, Indosat Wireless Inovation Contest , Federasi Teknologi Informasi Indonesia, Indonesian Telematics Software Association, 100 Inovasi Indonesia 2008 Ristek, Penelitian Unggulan Terpadu Depkominfo.

b.       Visi, Misi dan Tujuan Perguruan Tinggi
-          VISI
Menjadi perguruan tinggi yang terbaik di Asia Tenggara
-          Misi
Menghasilkan lulusan yang berkualitas global, produktif, berjiwa entrepreneur, profesional dalam disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya ilmu pengetahuan yang berbasis komputer dan informatika. Dan menghasilkan riset berkualitas global serta dipercaya masyarakat global.
-          Tujuan
1.       Membentuk tenaga ahli siap pakai yang menguasai teknologi informasi, berakhlak mulia, mampu bersikap dan berkerja secara profesional, berguna bagi masyarakat, bangsa, negara, serta agama.
2.       Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, mencetak tenaga trampil yang siap menerapkan kemampuan dalam penguasaan teknologi ntuk mendukung pembangunan nasional.
Agar Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan tersebut dapat dijalankan secara konsisten dalam operasionalnya, maka Visi, Misi Sasaran dan Tujuan tersebut perlu disosialisasikan keseluruh Civitas Akademika STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, sehingga diharapkan dalam pelaksanaanya terdapat kesatuan pendapatan yang dapat memudahkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
a.       Penerapan Grand Strategi
Strategi utama yang diterapkan oleh STMIK AMIKOM Yogyakarta tidak lepas dari analisis SWOT yang merupakan perwujudan dari visi,misi dan tujuan perguruan tinggi sendiri, sehingga  nama STMIK AMIKOMpun diperhitungkan dalam pengembangan pendidikan dan teknologi dimana semakin meningkat dari tahun ketahun.
Adapun  rencana umum berupa tindakan - tindakan besar yang digunakan oleh stmik amikom yogyakarta untuk meraih sasaran jangka panjang diantaranya:
-          Kompetive advantage( keunggulan kompetitf)
Posisi STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai perguruan tinggi swasta dalam bidang teknologi dan informasi dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta  lainnya yang ada di Yogyakarta  berada diposisi yang kompetitif yang kuat dan mempunyai karakteristik sebagai faktor internal yang dapat mempengaruhi timbulnya pesaing- pesaing baru  kedepannya.
-          Growth market (pertumbuhan pasar)
STMIK AMIKOM Yogyakarta masih sangat unggul ditingkat perguruan tinggi dan kepercayaan masyarakat dalam pengembangan dari produk baru atau produk lama yang mengalami perubahan masih cukup kuat secara internal dan secara eksternal dengan memperoleh tambahan devisi atau diversifikasi  yang artinya mengakuisisi bisnis yang terkait dengan produk pada yang sedang berjalan.
b.       Grand Strategi
1.       SDM yang berjiwa Intreprenur  dan  berkualitas global
2.       Menghasilkan Riset berkualitas global
3.       Meningkatkan Produktifitas dan daya saing dalam bidang teknologi,multimedia dan riset
4.       Memperluas akses secara global
c.       Sasaran Startegi
-          Siswa SMK/SMA baik yang berasal dari sekolah swasta atau negeri akan dididik menjadi SDM yang berjiwa Interprenur yang berkualitas secara global.
-          Menciptakan / menghasilkan serta mempromosikan penelitian atau riset yang berkualitas global baik dalam bidang TI,SI maupun D3
-          Meningkatkan Produktifitas dan daya saing dalam bidang Multimedia dan penelitian.
-          Memperluas akses baik internal maupun eksternal dalam bidang teknologi, multimedia, intreprenur serta penelitian guna mendapatkan kepercayaan dari masyarakat mengenai kualitas SDM STMIK AMIKOM Yogyakarta