Analisis matrix BCG : Restaurant Cepat Saji
McDonald’s
:Dengan
visi,misi dan tujuan yang sama baik McDonald’s Internasional maupun indonesia
yaitu “ to be the world’s best quick serverce restaurant experience” ,
McDonald’s indonesia secara keseluruhan dapat menempati posisi star dilihat
dari matrix BCG dibanding dengan dengan perusahan lainnya.McDonald’s
mampu meningkatkan perkembangan makanan cukup tinggi dan brand image yang dimiliki
masih kuat sehingga menguasai hampir seluruh pangsa pasar di indonesia,
terutama dipulau jawa. Sehingga pada matrix BCG McDonald’s di indonesia
dikategorikan kedalam Star. Selain itu, McDonald’s harus bersaing
dengan beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama seperti: Pizza
Hut, Hoka Hoka Bento, Texas Chiken, KFC dan lain- lain. Adapun analisis yang
dilakukan terhadap pesaing dari McDonald’s menggunakan matrix BCG sebagi
berikut:
KFC saat ini cukup manjamur diwilayah indonesia , dan jika dianalisis
menggunakan matrix BCG posisinya berada pada kondisi yang cukup baik atau
berada pada posisi Cash Cows
dimana potensi pasar KFC yang ada telah dimanfaatkan secara maksimal
dengan sumber daya yang dimilik oleh perusahaan. Maka KFC hanya perlu
mempertahankan apa yang sudah ada dilihat dari kondisi bahwa investasi yang
dikeluarkan oleh perusahaan makin kecil sedangkan markjet share yang dimiliki
masih sangat besar.
Pizza Hut, Hoka Hoka Bento
dan Texas Chiken juga merupakan pesaing yang sewaktu – waktu
bisa berada pada posisi star atau
langsung keposisi Dogs dan jika dianalisis menggunkan matrix BCG Pizza Hut
berada pada posisi Question Mark, masih
memiliki potensi atau peluang yang besar dalam investasi walau market
share yang dimiliki kecil namun
masih berada dalam kondisi dimana pasar mengalami pertumbuhan yang cukup
pesat , sehingga adanya potensi yang belum dimanfaatkan oleh perusahaan atau
produk