Rabu, 27 Juni 2012

Analisis matrix BCG : Restaurant Cepat Saji

McDonald’s :Dengan visi,misi dan tujuan yang sama baik McDonald’s Internasional maupun indonesia yaitu “ to be the world’s best quick serverce restaurant experience” , McDonald’s indonesia secara keseluruhan dapat menempati posisi star dilihat dari matrix BCG dibanding dengan dengan perusahan lainnya.McDonald’s mampu meningkatkan  perkembangan makanan  cukup tinggi dan brand image yang dimiliki masih kuat sehingga menguasai hampir seluruh pangsa pasar di indonesia, terutama dipulau jawa. Sehingga pada matrix BCG McDonald’s di indonesia dikategorikan kedalam Star. Selain itu, McDonald’s harus bersaing dengan beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama seperti: Pizza Hut, Hoka Hoka Bento, Texas Chiken, KFC dan lain- lain. Adapun analisis yang dilakukan terhadap pesaing dari McDonald’s menggunakan matrix BCG sebagi berikut:

 KFC saat ini cukup manjamur diwilayah indonesia , dan jika dianalisis menggunakan matrix BCG posisinya berada pada kondisi yang cukup baik atau berada pada posisi Cash Cows dimana  potensi pasar KFC  yang ada telah dimanfaatkan secara maksimal dengan sumber daya yang dimilik oleh perusahaan. Maka KFC hanya perlu mempertahankan apa yang sudah ada dilihat dari kondisi bahwa investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan makin kecil sedangkan markjet share yang dimiliki masih sangat besar.
Pizza Hut, Hoka Hoka Bento dan Texas Chiken  juga merupakan pesaing yang sewaktu – waktu bisa berada pada posisi star atau  langsung keposisi Dogs dan jika dianalisis menggunkan matrix BCG Pizza Hut berada pada posisi Question Mark, masih memiliki potensi atau peluang yang besar dalam investasi walau market share  yang dimiliki kecil namun masih  berada dalam kondisi  dimana pasar mengalami pertumbuhan yang cukup pesat , sehingga adanya potensi yang belum dimanfaatkan oleh perusahaan atau produk